Pelajaran: Konsep Pemrograman Berorientasi Objek

Jika Anda belum pernah menggunakan bahasa pemrograman berorientasi objek sebelumnya, Anda akan perlu belajar beberapa konsep dasar sebelum Anda dapat mulai menulis kode apapun. Pelajaran ini akan memperkenalkan Anda ke objek, kelas, pewarisan, antarmuka, dan paket. Setiap diskusi berfokus pada bagaimana konsep-konsep berhubungan dengan dunia nyata, sementara secara bersamaan memberikan pengenalan sintaks dari bahasa pemrograman Java.

Apa Obyek?

Sebuah objek adalah bundel software negara dan perilaku terkait. Objek perangkat lunak yang sering digunakan untuk memodelkan benda dunia nyata yang Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari. Pelajaran ini menjelaskan bagaimana negara dan perilaku diwakili dalam suatu objek, memperkenalkan konsep enkapsulasi data, dan menjelaskan manfaat dari merancang perangkat lunak Anda dengan cara ini.

Apa itu Class?

Kelas adalah cetak biru atau prototipe dari objek yang diciptakan. Bagian ini mendefinisikan kelas yang model negara dan perilaku dari objek dunia nyata. Ini sengaja berfokus pada dasar-dasar, menunjukkan bagaimana bahkan kelas sederhana bersih dapat model negara dan perilaku.

Apa Warisan?

Warisan menyediakan mekanisme yang kuat dan alami untuk mengatur dan penataan perangkat lunak Anda. Bagian ini menjelaskan bagaimana kelas mewarisi negara dan perilaku dari superclasses mereka, dan menjelaskan bagaimana untuk mendapatkan satu kelas dari yang lain menggunakan sintaks sederhana yang disediakan oleh bahasa pemrograman Java.

Apakah Interface?

Sebuah antarmuka adalah kontrak antara kelas dan dunia luar. Ketika kelas mengimplementasikan interface, menjanjikan untuk memberikan perilaku diterbitkan oleh interface tersebut. Bagian ini mendefinisikan antarmuka yang sederhana dan menjelaskan perubahan yang diperlukan untuk setiap kelas yang mengimplementasikannya.

Apa Package?

Sebuah paket adalah namespace untuk mengatur kelas dan interface secara logis. Menempatkan kode Anda ke dalam paket membuat proyek software besar lebih mudah untuk mengelola. Bagian ini menjelaskan mengapa hal ini berguna, dan memperkenalkan Anda ke Application Programming Interface (API) yang disediakan oleh platform Java.

Pertanyaan dan Latihan: Konsep Pemrograman Berorientasi Objek

Gunakan pertanyaan dan latihan yang disajikan dalam bagian ini untuk menguji pemahaman Anda tentang obyek, kelas, pewarisan, antarmuka, dan paket.

Source : http://docs.oracle.com/javase/tutorial/java/concepts/class.html

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s